Kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut adalah?

Kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut adalah?

Kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut adalah?

  1. Danau
  2. Tanjung
  3. Gunung
  4. Teluk
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. Tanjung.

Dilansir dari Ensiklopedia, kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut adalah tanjung.

1. Cagar Alam

Salah satu kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut adalah cagar alam. Cagar alam merupakan kawasan hutan atau laut yang dilindungi oleh negara karena memiliki keunikan dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Di Indonesia, terdapat banyak cagar alam yang menjorok ke arah laut. Contohnya adalah Taman Nasional Karimunjawa di Jawa Tengah dan Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Cagar alam yang menjorok ke arah laut memiliki keunikan yang berbeda dengan cagar alam di daratan. Keanekaragaman hayati di cagar alam laut sangat tinggi, terutama dalam hal terumbu karang dan ikan laut. Oleh karena itu, cagar alam laut sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup berbagai spesies laut.

2. Pantai Karang

Pantai karang merupakan kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut berupa pantai yang dihiasi oleh karang-karang. Pantai karang merupakan tempat yang sangat indah untuk dikunjungi. Di Indonesia, terdapat banyak pantai karang yang terkenal, seperti Pantai Lovina di Bali dan Pantai Senggigi di Lombok.

Selain indah, pantai karang juga memiliki keunikan dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Di sekitar karang-karang, terdapat banyak spesies laut yang unik dan menarik untuk diamati. Oleh karena itu, pantai karang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup berbagai spesies laut.

3. Tanjung

Tanjung merupakan kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut berupa hamparan tanah yang menjorok keluar ke laut. Tanjung sangat indah dan sering dijadikan sebagai tempat wisata. Di Indonesia, terdapat banyak tanjung yang terkenal, seperti Tanjung Kelayang di Belitung dan Tanjung Lesung di Banten.

Tanjung juga memiliki keunikan dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Di sekitar tanjung, terdapat banyak spesies laut yang hidup. Oleh karena itu, tanjung juga sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup berbagai spesies laut.

4. Pulau

Pulau merupakan kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut berupa hamparan tanah yang terpisah dari daratan oleh laut. Pulau sangat indah dan sering dijadikan sebagai tempat wisata. Di Indonesia, terdapat banyak pulau yang terkenal, seperti Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Pulau juga memiliki keunikan dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Di sekitar pulau, terdapat banyak spesies laut yang unik dan menarik untuk diamati. Oleh karena itu, pulau sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup berbagai spesies laut.

5. Pengunungan

Pengunungan merupakan kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut berupa pegunungan yang memanjang ke pantai. Pengunungan sangat indah dan sering dijadikan sebagai tempat wisata. Di Indonesia, terdapat banyak pengunungan yang terkenal, seperti Gunung Rinjani di Lombok dan Gunung Merapi di Jawa Tengah.

Pengunungan juga memiliki keunikan dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Di sekitar pengunungan, terdapat banyak spesies laut yang hidup. Oleh karena itu, pengunungan juga sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup berbagai spesies laut.

Kesimpulan

Kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut memiliki keunikan dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Oleh karena itu, wilayah daratan yang menjorok ke arah laut sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup berbagai spesies laut. Beberapa contoh kenampakan alam wilayah daratan yang menjorok ke arah laut antara lain cagar alam laut, pantai karang, tanjung, pulau, dan pengunungan. Selain indah, kenampakan alam tersebut juga sangat penting dalam menjaga keberlangsungan hidup berbagai spesies laut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *